Senin, 11 April 2011

Anggota DPRK Aceh Tengah : Musrenbang bukan Sekadar Formalitas

Thu, Mar 3rd 2011, 08:43

TAKENGON - Anggota DPRK Aceh Tengah, Bardan Sahidi menyatakan, Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) bukan sekadar formalitas atau hanya sebatas rutinitas tahunan Pemerintah Kabupaten (Pemkab).

Hal itu ia katakan, sehubungan kegiatan Musrenbang se-Kabupaten Aceh Tengah, yang dilaksanakan serentak di 14 kecamatan, guna menyusun dokumen perencanaan pembangunan di tahun anggaran 2012 mendatang. Pelaksanaan Musrenbang yang dilaksanakan di masing-masing kantor camat yang berakhir Selasa (1/3), di Kantor Camat Kecamatan Pegasing.

Bardan Sahidi mengatakan, proses perencanaan pembangunan haruslah dimulai dari masyarakat bawah, tingkat kampung, kecamatan hingga kabupaten. Dengan melibatkan partisipasi masyarakat termasuk perempuan, yang tergabung dalam delegasi kampung.

“Banyak keluhan yang disampaikan oleh masyarakat kepada kami anggota DPRK, bahwa usulan kegiatan pembangunan dalam dokumen perencanaan tidak terealisasi. Bahkan ada yang mengusul bertahun-tahun tak kunjung dikerjakan,” kata anggota dewan dari PKS ini.

Menurutnya, usulan yang belum terealisasi itu akan menjadi prioritas serta advokasi kepada Pemkab Aceh Tengah, untuk segera diselesaikan dan dewan juga akan mempertanyakan kepada SKPK terkait, tentang kendala dan penghambat sehingga tidak dikerjakan secara tepat waktu.

“Seluruh hasil Musrenbang kecamatan, akan menjadi prioritas kerja dan perhatian utama dalam proses penyusunan anggaran tahun 2012 mendatang, sehingga tidak ada usulan pembangunan yang loncat pagar selain dari usulan musrenbang,” ungkapnya.(c35)

Sumber : Serambnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar