Jumat, 19 Agustus 2011

Taman Buru Linge Takengon Telantar

Rabu, 10 Agustus 2011 09:05

TAKENGON - Taman buru Linge yang terletak di Kecamatan Linge dan Kecamatan Bintang, Kabupaten Aceh Tengah, kini terbengkalai. Taman Buru terluas di Indonesia itu tidak jelas lembaga yang berkewajiban menangani operasionalnya. Sehingga taman tersebut kini telah telantar.

Anggota DPD-RI asal Aceh, Ir Mursyid, Selasa (9/8) mengatakan, Taman Buru Linge merupakan taman buru terluas di negeri ini dengan luas kawasan 80.000 hektare lebih, di samping hidup sejumlah satwa langka yang dilindungi, taman buru ini juga banyak ditumbuhi hutan pinus dan berbagai jenis pohon langka. Sejak ditetapkan oleh Departemen Kehutanan RI tahun 1978 lalu, Taman Buru Linge tidak terurus bahkan terbengkalai. Dalam operasional sehari-hari, tidak ada koordinasi antara Pemerintah Aceh dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah sementara lembaga yang mengelola Taman Buru Linge juga tak jelas. Sehari-hari, tidak pernah terlihat ada petugas yang menjaganya.

Disebutkan, dalam Undang-Undang Kehutanan, Taman Buru Linge termasuk bagian dari hutan konservasi yang status hukum dan pengelolaannya sama dengan hutan lindung. “Banyak investor luar yang ingin menanamkan modalnya untuk pengelolaan Taman Buru Linge, namun, mereka tidak tahu berurusan dengan lembaga mana,”ujar Ir Mursyid mempertanyakan.(min)

Sumber Waspada.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar