Senin, 03 Januari 2011

Kelompok tani dapat modal

Friday, 24 December 2010 13:05

TAKENGON - Sebanyak 50 kelompok tani dari 14 kecamatan yang tersebar di Kabupaten Aceh Tengah memperoleh bantuan penguatan modal usaha yang bersumber dari dana otonomi khusus (otsus) tahun 2010 sebesar Rp1,5 miliar agar hasil pertanian mereka meningkat.

Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Pemerintah Aceh yang diwakili Kepala Bidang Penyuluhan, Taufiq Efendi, siang ini, menyatakan, bantuan penguatan modal yang diterima sebesar Rp30 juta/kelompok itu untuk pengelolaan usaha pengembangan pertanian.

Dikatakan, bantuan modal tersebut juga bertujuan menggerakkan para kelompok tani agar dapat meningkatkan hasil pertanian, dan menghidupkan kembali kelompok-kelompok tani yang tidak aktif.

Taufiq menyatakan, salah satu strategi mendorong keberhasilan petani adalah adanya keharmonisan antara tenaga penyuluh dan petani.

"Antara petani dan penyuluh tidak dapat dipisah-pisahkan, karena dalam tata cara penanaman maupun perawatan berbagai jenis tanaman, para petani harus selalu berkonsultasi dengan tenaga penyuluh. Oleh karenanya, keberadaan tenaga penyuluh perlu dikembangkan," ujarnya.

Menyinggung tentang kesejahteraan para penyuluh yang berjumlah 68 orang dan 122 tenaga harian lepas di Aceh Tengah, Taufiq mengatakan sedang dalam proses.

Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin saat menyerahkan langsung bantuan modal usaha kepada 50 kelompok tani itu mengatakan, kehidupan di daerah saat ini sangat bergantung kepada sektor pertanian baik kopi, tebu, sayur mayur, dan peternakan.

Untuk meningkatkan nilai ekonomis para petani, dia berharap agar dalam pengelolaan semua komoditi yang ada dikelola melalui kelompok tani.

Dikatakan Bupati Nasaruddin, dari enam misi yang digulirkan selama kepemimpinannya bersama Djauhar Ali, salah satunya adalah mendukung pertumbuhan ekonomi rakyat dari sektor pertanian.

Pemerintah, lanjut Nasaruddin mewujudkan visi dan misinya melalui pembangunan infrastruktur jalan yang merupakan urat nadi peningkatan usaha pertanian.

Sumber : Waspada.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar