Senin, 02 Mei 2011

Mencegah Banjir Luapan, Warga Minta Pemerintah Bangun Tanggul

Sat, Mar 19th 2011, 09:22

TAKENGON - Warga Toweren, Kecamatan Lut Tawar, Aceh Tengah, meminta Pemkab setempat dan Pemerintah Aceh, untuk dapat segera membangun tanggul di sepanjang aliran sungai yang melintasi kampung mereka. Pasalnya, usulan pembangunan tanggul itu dilakukan, untuk mencegah banjir luapan seperti yang terjadi beberapa pekan yang lalu di kampung itu.

Permohonan untuk pembangunan tanggul di daerah Toweren, sudah tiga kali diusulkan oleh masyarakat setempat ke Pemerintah Aceh, namun sampai saat ini belum ada realisasinya. “Permohonan pembangunan tanggul itu langsung kami usulkan ke Pemerintah Aceh karena kalau diusulkan ke Pemkab rasanya tidak mungkin karena pembangunan tanggul itu membutuhkan biaya cukup besar. Dan seingat saya usulan yang kami layangkan sudah tiga kali,” kata Akmal, Keuchik Kampung Toweren Musara kepada Serambi Jumat (18/3).

Ia katakan, banjir luapan yang terjadi di Toweren, merupakan pemandangan yang sudah biasa terjadi di kampung itu setiap memasuki musim penghujan. Faktor penyebab terjadinya banjir luapan itu salah satunya karena kondisi kanan-kiri aliran sungai belum dibangun tanggul sehingga air yang meluap meluber ke areal persawahan warga bahkan sempat merendam rumah warga di daerah itu. “Kalau banjir luapan hampir setiap musim hujan terjadi di kampung ini dan sebelum tanggul ini dibangun kemungkinan untuk tahun-tahun berikutnya akan terjadi yang sama,” sebut Akmal.

Menurutnya, kondisi aliran sungai di Toweren yang memerlukan pembangunan tanggul sepanjang sekitar 1,5 kilometer, dihitung mulai dari irigasi pertama hingga ke kuala sungai itu. Pembangunan itu menjadi prioritas pertama untuk mencegah terjadinya banjir luapan. Berdasarkan catatan Serambi banjir luapan yang terjadi pada Rabu (9/3) lalu di Kampung Toweren, menyebabkan terendamnya sembilan rumah warga di daerah itu. Dan sejumlah areal persawahan warga ikut tersapu banjir luapan. Dan di daerah Kampung Isak, Kecamatan Linge, banjir luapan sempat merendam puluhan rumah warga di daerah itu serta menggenangi areal persawahan warga.(c35)

Sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar