Senin, 07 Maret 2011

Dua Varietas Kopi Gayo Raih Sertifikat Mentan

Fri, Jan 28th 2011, 19:47

TAKENGON – Dua--dari tiga--varietas Kopi Arabika Gayo yang diusulkan kepada Kementerian Pertanian (Mentan) resmi memperoleh sertifikat pelepasan sebagai varietas unggul nasional.

Dengan pelepasan dua varietas kopi Arabika Gayo itu, maka dua varietas harapan itu sudah dapat dikembangkan dan dibudidayakan oleh para petani di dataran tinggi Gayo dan daerah-daerah penghasil kopi lainnya.

Ketua Tim Pelepasan Varietas Kopi Gayo, Ir T Iskandar MSi, Jumat (28/1/2011), mengatakan, dua varietas kopi Arabika Gayo yang memperoleh sertifikat pelepasan sebagai bibit unggulan oleh Mentan yakni Kopi Arabika Gayo varietas Gayo 1 dan varietas Gayo 2, sementara varietas P-88 ditunda pelepasannya dan masih dalam pengkajian Direktorat Jenderal (Dirjen) Perkebunan Kementerian Pertanian.

Sedangkan dalam permohonan pelapasan bibit kopi unggul Kopi Arabika Gayo yang diusulkan yakni Varietas Tim-tim, Bor-bor dan P-88 Dalam sertifikat pelepasan bibit unggul nasional, kata Iskandar, varietas Tim-tim dirubah namanya menjadi varietas Gayo 1 dan Bor-bor menjadi Gayo 2.(jalimin)

Sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar