Minggu, 07 Agustus 2011

Aceh targetkan penghasil kakao terbesar

TUESDAY, 05 JULY 2011 12:08

TAKENGON - Forum Kakao Aceh (FKA) menargetkan provinsi tersebut akan menjadi salah satu kawasan penghasil kakao terbesar di Indonesia pada 2020.

"Target tersebut akan tercapai menyusul meningkatnya pengembangan kakao yang dilakukan oleh masyarakat terutama di daerah sentra produksi komoditas itu," kata Ketua FKA, Hasanuddin Darjo, di Aceh Tengah, pagi tadi.

Disebutkannya, luas lahan kakao yang tersebar di seluruh kabupaten/kota di provinsi berpenduduk sekitar 4,6 juta jiwa itu sekitar 70 ribu hektare dengan jumlah lahan produktif seluas 40 hektare.

"Setiap tahunnya, Aceh mengekspor sekitar 15-20 ribu ton kakao biji kering ke sejumlah negara tujuan," katanya.

Dikatakannya, produksi kakao yang ada saat ini dari provinsi paling ujung barat Indonesia itu belum mampu menyanggupi seluruh permintaan di pasaran nasional dan internasional.

"Artinya, produksi kakao masih sangat sedikit dan ini harus ditingkatkan agar mampu memenuhi permintaan pasar," katanya.

Ia mengatakan, harga kakao sesuai harga di pasar internasional, apabila harga kakao dunia naik maka harga dalam negeri juga naik. Provinsi Aceh memiliki sejumlah daerah sentra produksi kakao yakni Pidie, Pidie Jaya, dan Aceh Tenggara.

Pihaknya optimistis dengan perawatan dan pengembangan kakao yang lebih baik akan mampu meningkatkan produksi dan mensejahterakan petani di masa mendatang.

Sumber waspada.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar